Perawatan Lampu Tembaga dan Produk Dari Tembaga Lainnya

tips merawat lampu tembaga
Kerajinan Lampu Tembaga

Bagaimana merawat lampu tembaga dengan baik dan benar? Kesalahan pada perawatan lampu yang terbuat dari tembaga dapat mengakibatkan lampu tembaga menjadi kusam dan tidak cantik lagi. Sebenarnya lampu yang terbuat dari tembaga bukanlah jenis lampu yang rewel perawatan, khususnya apabila tidak dicoating. Lampu yang terbuat dari tembaga dengan finishing apapun, termasuk yang dipolish mengilap, sebenarnya tak memerlukan perawatan yang khusus, cukup dengan perawatan rutin saja. Jenis lampu tembaga sendiri ada banyak sekali, khususnya dalam pewarnaannya.

Lampu yang terbuat dari tembaga yang sering dijumpai di pasaran dan banyak diminati pembeli secara umum adalah lampu tembaga yang difinisihing dengan warna seperti coklat, merah, hitam, hijau yang kesemuanya mengilap. Tanpa perawatan yang rutin dan benar, maka lampu yang terbuat dari tembaga tersebut seringnya akan muncul warna warna lain yang menganggu penampilan lampu tembaga, apalagi jika umurnya sudah cukup lama. Sebenarnya untuk merawat lampu yang terbuat dari tembaga sangatlah mudah. Jika lampu tersebut difinishing dengan warna seprti hitam, coklat atau merah, maka perawatannya cukup dengan mengusap lampu yang terbuat dari tembaga tersebut dengan kain bersih yang kering.

Jika dinginkan, bisa juga ditambahkan dengan cairan M38. Untuk lampu atau produk yang terbuat dari tembaga yang berwarna mengkilap (dipolish), biasanya setelah beberapa lama polishnya akan sedikit berubah dan timbul warna warna lain yang terserap akibat oksidasi. Jika hal tersebut mulai terjadi, bersihkan lampu tembaga tersebut dengan kain bersih yang kering dan ditambahkan cairan khusus (misalnya merek BRASO). Oleskan cairan braso tersebut pada kain bersih yang kering dan gosokkan perlahan searah jarum jam pada bagian yang telah berubah warna sampai warna tersebut benar-benar hilang. Sebagai perawatan tambahan, setelah proses tersebut, anda dapat melapisi lampu yang terbuat dari tembaga itu dengan coating (misalnya merek Danagloss) yang dapat dibeli di toko yang menjual cat mobil. Coating ini berfungsi untuk melindungi warna lampu tembaga dari perubahan warna di masa berikutnya.

Seperti kerajinan tembaga lainnya, lampu tembaga juga sangat rentan sekali terhadap air, khususnya air hujan. Jika anda akan menggunakan lampu yang terbuat dari tembaga di luar ruangan (outdoor), maka sangat dianjurkan untuk melapisinya terlebih dulu dengan lapisan coating anti tarnish. Hal ini dilkaukan agar warna lampu tersebut dapat tahan lebih lama. Selain itu, untuk perawatan lampu tembaga yang diletakan di luar ruangan, sebaiknya dilakukan pemebersihan dari debu secara rutin, dan sedapat mungkin jauhkan lampu tembaga dari tempat tempat yang lembab.
Lampu tembaga dan juga kerajinan lainnya yang terbuat dari tembaga memang hanya memerlukan perawatan sederhana namun rutin. Sebaiknya, saat anda membeli lampu atau produk aksesoris rumah yang dibuat dari tembaga, anda berhati hati. Cari produsen dan atau supplier produk produk yang dibuat dari tembaga ini berdasarkan referensi atau realibilitas-nya agar standar mutu produknya terjaga dengan baik. Selain mutunya, salah satu hal lain yang harus diperhatikan saat membeli produk atau lampu tembaga adalah finishing dan coatingnya, pastikan keduanya menggunakan bahan bahan yang berkualitas. Produk dari tembaga yang menggunakan clear coating finishing biasanya sangat diminati sebab selain cantik, warna tembaganya juga mendominasi. Jika anda menyukainya, pastikan lampu tembaga yang anda akan beli menggunakan clear coating finishing berkualitas sehingga produk yang anda beli tersebut memuaskan. Mengapa clear coating finishing ini begitu penting dalam pemilihan lampu tembaga? Clear coating Finishing digunakan dengan maksud untuk menjaga warna lampu tembaga dan produk tembaga lainnya agar tidak mudah berubah serta tahan terhadap cuaca.

Lampu maupun kerajinan tembaga yang telah diberi clear coating finishing sangat cocok dan dapat digunakan baik di luar maupun di dalam ruangan. Selain lampu, semua kerajinan yang dibuat dari tembaga dan kuningan yang telah diberi clear coating finishing dapat tahan terhadap terpaan cuaca tanpa mengubah warna sehingga sangat tepat untuk digunakan sebagai tempat air (misalnya washtafel, washing bowl, mangkuk, gentong, guci, serta bathtube, dan lain lain) atau diletakan di luar ruangan yang akan sering terkena panas dan hujan (seperti patung tembaga, kubah masjid serta faountain atau air mancur). Dengan clear coating finishing, lampu tembaga maupun produk produk tembaga tersebut dapat dibersihkan dengan detergen biasa tanpa mengurangi keindahan warna tembaga.

Meskipun begitu, beberapa orang ada yang menyukai lampu tembaga atau produk dari tembaga lainnya yang tidak diberi coating, karena terlihat lebih antik. Jadi, pilihannya ada di tangan anda, apakah anda lebih menyukai lampu tembaga yang dicoating atau yang tidak?

Sumber:

Daffi Art

Protected by Copyscape Plagiarism Detection

Incoming search terms:finishing blok warna,Benda apa saja yang terbuat dari tembaga,benda yang terbuat dari tembaga,contoh barang yang terbuat dari tembaga,contoh benda terbuat dari tembaga,barang terbuat dari tembaga,contoh benda yang terbuat dari tembaga,Contoh barang yang dibuat dari tembaga,bahan produk dari tembaga,Barang yg terbuat tembaga
PEMESANAN PRODUK KLIK DI SINI